Pentingnya Konsultasi ke Dokter Ahli via SehatQ.com Sebelum Melakukan Terapi Hiperbarik

Pentingnya Konsultasi ke Dokter Ahli via SehatQ

Di mana pun manusia berada, kebutuhan akan oksigen sangatlah tinggi. Fungsi oksigen sangat vital karena bisa membantu proses penyembuhan berbagai penyakit. Untuk itu, diperlukan terapi hiperbarik agar suplai oksigen ke seluruh jaringan sel darah tetap terjaga. Tindakan medis ini tergolong asing bagi masyarakat umum, tapi sangat worth it kok.

Apa Itu Terapi Hiperbarik?

Cara kerja terapi ini sangat sederhana. Pasien tinggal masuk saja ke ruangan khusus atau tabung bertekanan tinggi. Dengan memasuki tabung bertekanan, mau tidak mau, paru-paru pasien akan mengambil oksigen lebih banyak daripada di luar ruangan. Udara di dalam ruangan atau tabung tersebut 100% terdiri dari oksigen murni.

Penerapan tindakan medis ini memerlukan beberapa sesi. Tergantung jenis masalah kesehatan yang dialami pasien. Misalnya Anda mengalami keracunan karbon monoksida. Maka perlu 3 sesi agar kondisi kembali normal. Semakin berat masalahnya, tentu semakin banyak sesi terapi yang mesti dijalani.

Penuhi Syarat-Syarat Ini sebelum Melakukan Terapi Hiperbarik

Syarat yang dimaksud berhubungan dengan kondisi tubuh Anda. Sebab, kalau syarat tersebut tidak dipenuhi, bisa berisiko mengalami kejang, cedera pada paru-paru, ataupun rabun jauh. Pastikan Anda mengalami salah satu atau beberapa dari masalah kesehatan berikut ini.

  1. Cedera karena Radiasi

Radiasi sebetulnya ada di mana-mana. Ia bisa datang dari matahari, barang elektronik, hingga gas radon. Sedangkan radiasi buatan manusia antara lain PLTN dan senjata nuklir. Sejauh ini, radiasi terbagi menjadi 2 jenis, yakni radiasi ion dan non-ion.

Ketika terpapar radiasi ion, tubuh yang merespons akan terasa lemas dan seolah-olah terbakar. Rambut juga gampang rontok. Sedangkan perut terasa mual-mual tak keruan. Kondisi inilah yang memungkinkan Anda untuk segera melakukan terapi hiperbarik.

  1. Infeksi pada Kulit

Umumnya, infeksi kulit disebabkan oleh jamur, parasit, virus, serta bakteri. Seseorang yang terkena infeksi akan muncul ruam berwarna merah, gatal-gatal, serta nyeri pada area kulit. Sedangkan untuk kasus yang lebih parah, infeksi bisa menyebabkan perubahan warna pada kulit dan timbul bisul bernanah. Jangan sampai seperti itu deh.

  1. Keracunan Karbon Monoksida

Karbon monoksida merupakan gas beracun yang bisa datang dari water heater, alat pemanggang, kenalpot kendaraan, hingga kompor gas. Kalau menghirup sedikit sih tak masalah. Tapi kalau terlampau banyak, bisa-bisa timbul gejala pusing, linglung, maag, dan bawaannya mual-mual melulu.

Ada pula yang mengalami masalah lebih serius lagi. Misalnya penglihatan mulai terganggu, terkena vertigo, hilang keseimbangan tubuh, sampai hilang kesadaran. Sebelum hal itu terjadi, sebaiknya konsultasikan ke dokter. Kalau diperlukan untuk melakukan terapi hiperbarik, lakukan saja, ya. Demi kesehatan Anda.

  1. Mengalami Luka Bakar

Luka bakar ini bisa disebabkan oleh kontak langsung dengan api, uap panas, serta air panas. Pada tahap pertama, luka bakar hanya merusak lapisan kulit bagian luar. Tapi kalau sudah serius, bisa merusak lapisan lemak serta pembuluh darah. Terapi hiperbarik diyakini cukup ampuh untuk membantu menyembuhkan luka tersebut.

  1. Anemia

Anemia sering dikenal dengan istilah kurang darah. Akibatnya, kadar oksigen yang terserap ke dalam tubuh jadi berkurang. Sebab, sel darah merah yang ada di tubuh tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Seseorang yang terkena anemia biasanya merasakan detak jantungnya tidak beraturan. Kepala juga gampang pusing.

Tindakan medis berupa terapi hiperbarik bisa diterapkan sebagai langkah awal maupun pemulihan. Tapi sebelumnya, pastikan konsultasi dengan dokter ahli dulu. Biar lebih mengenali batasan risiko yang mungkin terjadi. Untuk konsultasi terkait terapi hiperbarik atau masalah kesehatan lainnya, Anda bisa hubungi dokter-dokter ahli via aplikasi SehatQ.

Apa Saja Sih Keunggulan Aplikasi SehatQ?

  • Terkoneksi dengan Lebih dari 9.000 Dokter Ahli

Dokter-dokter yang terkoneksi dengan aplikasi ini punya spesialisasi masing-masing. Selain terapi hiperbarik, Anda bebas berkonsultasi terkait penyakit, gaya hidup, obat-obatan, ataupun jenis perawatan medis lainnya.

Berdasarkan ketetapan Linda Wijaya selaku CEO, platform ini memang disediakan khusus untuk pasien dari berbagai kalangan dengan pendekatan patient first. Jadi, kebutuhan pasien benar-benar diutamakan.

  • Punya Fitur Chat untuk Memudahkan Tanya-Jawab

Ketika buka aplikasi, ada tombol khusus yang disediakan sebagai layanan chat dengan dokter. Di situs website juga muncul tombol serupa yang letaknya berada di pojok kanan. Untuk menggunakan fitur ini, Anda perlu mendaftar lebih dahulu sebagai user. Anda tidak perlu bayar alias gratis.

Dokter-dokter yang melayani pertanyaan pasien sangat responsif. Rata-rata tidak sampai 5 menit, jawaban atas pertanyaan pasien langsung muncul. Keren, kan? Rasanya kayak lagi curhat ke teman sekantor deh.

Ketika menggunakan fitur ini, Anda bebas melampirkan foto terkait bagian tubuh yang bermasalah (misalnya). Begitu selesai, silakan Anda kasih rating berdasarkan pengalaman selama tanya-jawab tadi sebagai pengguna.

  • Bisa Sekalian Booking Dokter

Setelah konsultasi, tentu Anda ingin bertemu dengan dokternya secara langsung bukan? Bisa kok. Hanya saja, perlu dipastikan dulu jadwal ketemuannya. Misalnya di rumah sakit mana dan sama dokter siapa. Biar ketika datang ke lokasi, kepentingan Anda untuk melakukan terapi hiperbarik bisa didahulukan.

  • Menyediakan Artikel Kesehatan secara Lengkap dan Mendetail

Selain tanya-jawab dan booking, aplikasi SehatQ juga menyediakan lebih dari 2.000 konten terkait kesehatan. Semuanya ditulis dan ditinjau oleh tim dokter sehingga tak ada kabar hoax sama sekali. Artikel yang ada dikelompokkan berdasarkan kategori berbeda agar saat user menelusurinya jadi lebih mudah.

Sebagian besar dokter yang terhubung dengan SehatQ sudah memiliki nama besar. Mereka juga mudah ditemukan ataupun diajak untuk Kopi Darat(Kopdar). Tentu mereka yang menangani terapi hiperbarik sudah mengetahui betul-betul prosedur hingga kemungkinan risikonya.

About the author: admin

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *